Senin, 21 Mei 2012

Onde Onde Khas Mojokerto

Kota Onde-onde adalah julukan Kota Mojokerto. Dan salah satu yang dapat dijadikan sebagai kebanggaan kota Mojokerto adalah onde-onde BoLiem. Bisa dianggap bahwa Boliem merupakan pioner dalam produksi onde-onde di Mojokerto. Boliem merupakan usaha keluarga yang sekarang toko-tokonya sudah menyebar di wilayah kota Mojokerto. Dan yang meneruskan produksinya adalah generasi anak-anaknya. 




Saya sendiri kurang tahu sejak kapan berdirinya usaha Onde-onde Boliem ini. Tapi yang jelas sejak saya kecilpun onde-onde Boliem ini sudah terkenal.  Sampai-sampai orang dari luar kotapun ada yang rela memesan untuk dibawa pulang ke daerahnya.  Dan sekarang Boliem tidak hanya memproduksi onde-onde tetapi juga yang lainnya misalnya keciput, roti bakery atau makanan kecil lainnya. Sehingga semakin banyak pilihan untuk Anda sebagai bahan hantaran atau oleh-oleh.

Untuk kali ini saya hanya akan mereview Onde-onde Boliem. Ciri khas dari onde-onde Boliem adalah dia selalu terbungkus. Jadi setiap onde-onde akan terbungkus kertas minyak yang sudah ada logo Boliem. Itulah yang membedakannya dari onde-onde produsen lain. Sehingga terlihat rapi, dan bersih.
Selain itu nilai tambah dari onde-onde Boliem ini adalah kulit dari onde-onde itu sendiri yang tidak terlalu keras (alot dalam bahasa Jawanya). Mungkin karena kulitnya tidak terlalu tebal seperti onde-onde lainnya, sehingga ketika digigit tidak terlalu keras. Isinya pun terasa kacang hijaunya.

Tapi sayangnya untuk ukuran kota Mojokerto, onde-onde Boliem sudah tergolong mahal. Satu buah onde-onde sekarang dihargai Rp 2.000,-. Bila dulu ukuran onde-ondenya agak besar sekarang ukurannya bertambah kecil. Isi kacang hijaunya pun tidak penuh dan kulitnya sangat berminyak. Minyaknya sampai menempel pada kertas pembungkusnya. Yah, ini mungkin akibat dari masa perekonomian pada saat ini. Supaya kualitasnya tidak terlalu menurun, maka ukurannya yang dikurangi sekaligus menaikkan harganya. Kalau untuk sekali-sekali tidak apalah demi untuk menghilangkan rasa kangennya. Jadi bila Anda ingin mencoba rasa onde-onde Boliem yang terkenal, atau hanya untuk menghilangkan rasa kangen, Anda dapat mengunjungi Gerai Toko Boliem di Jalan Niaga no 21 Mojokerto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar